Berwisata ke suatu tempat, kurang lengkap rasanya kalau belum membawa oleh-oleh khas daerah tersebut. Tuban merupakan salah satu kota yang menjadi magnet wisata di Jawa Timur. Ini karena Tuban terkenal dengan pesona alamnya yang luar biasa. Jadi, jika kamu kebetulan berlibur ke kota tersebut, berikut ini oleh-oleh khas Tuban yang wajib dibawa pulang.

1. Ampo

Ampo khas Tuban. (image source)

Ampo biasanya dikonsumsi sebagai camilan atau makanan ringan oleh masyarakat Tuban. Ampo terbuat dari tanah liat murni, tanpa campuran apapun, yang kemudian dipanggang di atas tungku kayu bakar. Mitosnya, Ampo diyakini bisa menguatkan sistem pencernaan dan menyembuhkan berbagai penyakit. Selain di Tuban, Ampo juga bisa ditemukan di sekitar Jawa Tengah.

2. Keripik Gayam

Gayam khas Tuban.
Gayam khas Tuban. (image source)

Keripik Gayam merupakan salah satu makanan khas Tuban. Camilan ini terbuat dari buah Gayam yang tumbuh sumbur di daerah Tuban. Sentra produsen keripik Gayam terletak di Kecamatan Merakurak. Untuk membuat makanan ringan ini dibutuhkan waktu yang cukup lama. Ditambah lagi, cangkang dari buah Gayam sendiri tergolong sangat keras, sehingga butuh usaha lebih untuk membukanya.

3. Kecap Laron

Kecap Manis Laron khas Tuban
Kecap Manis Laron khas Tuban. (image source)

Kecap Laron merupakan oleh-oleh khas Tuban yang banyak diburu wisatawan. Bahkan, kecap ini sudah menjadi semacam ikon dari Tuban. Usut punya usut, pembuat atau pemilik pertama dari brand Kecap Laron ini adalah Bapak Yuwono Hadisoesanto. Pria yang berasal dari kampung Kawatan Tuban ini mulai mengenalkan Kecap Laron pada tahun 1945.

4. Legen Dan Siwalan

Siwalan khas Tuban
Siwalan khas Tuban. (image source)

Legen adalah salah satu jenis minuman yang banyak ditemukan di Tuban. Legen merupakan nira dari pohon Siwalan. Buah dari pohon Siwalan juga bisa dimakan, dab bahkan tak jarang juga dijadikan oleh-oleh. Legen juga bisa difermentasi menjadi ciu atau arak Jawa.

5. Batik Gedog

Nanik Nandiana Ningsih pengusaha Batik Gedhog Tuban
Nanik Nandiana Ningsih pengusaha Batik Gedog Tuban. (image source)

Para pecinta batik bisa membawa pulang Batik Gedog sebagai cinderamata khas Tuban. Batik kuno ini sekarang hanya dibuat oleh para pengrajin tua. Dinamakan Gedog karena pembuatan batik ini menggunakan alat manual yang mengeluarkan bunyi “dog…dog..”

Bingung mau traveling ke mana? Yuk masukkan Tuban ke list liburan kamu berikutnya!

Komentare Cah Tuban!