Kondisi di dalam Goa Akbar Tuban saat ini.
Kondisi di dalam Goa Akbar Tuban saat ini.

Goa Akbar Tuban merupakan sebuah tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini disebabkan oleh mudahnya akses untuk menuju ke sana.

Letak Goa Akbar ini berada di tengah kota, tepatnya di belakang Pasar Baru Tuban. Tidak perlu sulit mencari lokasi, karena terletak di keramaian. Jika masih bingung, lokasi Goa Akbar ini berseberangan dengan parkir bus Wisata Sunan Bonang Tuban.

Menurut sejarah, nama Goa Akbar berasal dari kata ‘Abar’, yang mana diambil dari nama sebuah pohon yang konon tumbuh di depan Goa dengan nama Abar. Kemudian, Pemerintah Kota Tuban mengubahnya menjadi Goa Akbar dengan memiliki kepanjangan ‘Aman, Kreatif, Bersih, Asri, dan Rapi’. Pasalnya, dulu lokasi Goa Akbar ini merupakan tempat pembuangan sampah yang digunakan oleh para pedagang di Pasar Baru Tuban.

Goa Akbar ini memiliki relief di dindingnya yang dikaitkan dengan kisah walisongo (Sunan Bonang), Ronggolawe, Sri Hunting, Mustika Tuban dan juga terdapat patung-patung yang bernilai sejarah.

Kondisi Goa Akbar pada tahun 1989 saat masih digunakan sebagai tempat pembuangan sampah.
Kondisi Goa Akbar pada tahun 1989 saat masih digunakan sebagai tempat pembuangan sampah.

Konon, goa ini dulunya digunakan oleh Sunan Bonang dan Sunan Kalijogo untuk bertapa. Beberapa titik di dalam goa ini memiliki ceruk yang diyakini sebagai tempat kedua wali tersebut bertapa.

Di dalam goa ini terdapat sebuah ruangan yang di beri nama paseban wali, yang di percaya sebagai tempat para wali songo untuk berkumpul dan mengajarkan agama islam. Karena ruangan ini memang mirip dengan ruang pertemuan dan juga di dalam ruangan ini terdapat batu-batu besar yang terletak di depan seakan menjadi podium bagi pembicara.

Di titik ini pula terdapat sebuah lubang yang tembus oleh cahaya matahari. Stalagtit dan stalagmit yang indah seakan menghiasi ruangan ini.

Bagi siapapun yang masuk ke Goa Akbar Tuban ini akan dibuat terpesona dengan pemandangan yang menakjubkan. Pihak pengelola telah menambahkan fasilitas lampu hias di dalamnya sehingga dinding-dinding goa terlihat jelas dengan efek dramatis. Bagi yang doyan selfie, tentu saja jadi sasaran empuk di lokasi ini.

Tiket masuk untuk ke Goa Akbar Tuban ini cukup murah, yakni cuma Rp 5000/orang. Cukup murah, bukan?

Komentare Cah Tuban!